PERAN BUMDES DALAM PENGUATAN EKONOMI DESA SUKARATU KABUPATEN SERANG, BANTEN

  • Yunia Rahayuningsih Bappeda Provinsi Banten
  • Sofyan Budiarto Bappeda Provinsi Banten
  • Sulastri Isminingsih Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Badan Usaha Milik Desa, Penguatan Ekonomi, Desa Sukaratu

Abstract

BUMDes lahir sebagai pendekatan baru dalam usaha peningkatan ekonomi desa berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. Desa Sukaratu Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang telah mempunyai BUMDes dan juga memiliki potensi besar dalam sektor pariwisata. Namun sampai saat ini belum tergali dan dikembangkan secara maksimal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan BUMDes dalam penguatan ekonomi Desa Sukaratu. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah desktiptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, pengamatan langsung dan pengumpulan data sekunder lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan BUMDes Ratu Harapan berperan dalam peningkatan kreativitas, inovasi dan variasi usaha BUMDes yang berbasis pada pengelolaan potensi desa di sektor wisata sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan peluang pasar. Juga telah mampu berkontribusi terhadap pendapatan asli desa dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat desa.

 

Kata Kunci : Badan Usaha Milik Desa, Penguatan Ekonomi, Desa Sukaratu

References

Ansari, B., et al. 2013, Sustainable Entrepreneurship in Rural Areas. Research Journal of Environmental and Earth Science 5(1): 26-31.
Bachrein, S 2010, Pendekatan Desa Membangun di Jawa Barat: Strategi Pembangunan dan Kebijakan Pembangunan Perdesaan, Jurnal Analisis Kebijakan Pertanian 8(2): 133-149.
Bungin, B 2003, Analisis Data penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi Cetakan Pertama, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Goma, S 2015, Peran Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Pendapatan di Desa Bolangitag Satu Kecamatan Bolang Itang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, diakses pada 26 Mei 2019, (http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/politico/article/download/10055/96).
Milles, MB & Huberman, MA 1992, Analisa Data Kualitatif, Jakarta, UI Press.

Nugroho, R 2013, Metode Penelitian Kebijakan, Pustaka Pelajar, Jakarta.

Prabowo, T.H.E 2014, Developing BUMDes (Village-owned Enterprise) for Sustainable Poverty Alleviation Model Village Community Study in Bleberan-Gunung Kidul- Indonesia, World Applied Sciences Journal 30 (Innovation Challenges in Multidiciplinary Research & Practice): 19-26.
Rahmawati 2014, Peranan Modal Sosial dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) (Studi di Desa Karangrejek Kecamatan Wonosari dan Desa Bleberan Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul), Thesis S2, Universitas Gadjah Mada.
Ridlwan, Z 2014, Urgensi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)dalam Pembangun Perekonomian Desa, Jurnal Ilmu Hukum 8 (3): 424-440.
Sugiono, 2013, Metode Penelitian Manajemen, Pendekatan: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan, Penelitian Evaluasi, Alfabeta, Bandung.
Wahab, SA 2014, Analisis Kebijakan: Dari Formulasi ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik, Edisi Kedua, PT. Bumi Aksara, Jakarta
Wibawati 2015, Kapasitas Badan Usaha Milik Desa dalam Pengelolaan Potensi Desa (Studi Pada Bumdes Desa Bleberan Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul Dalam Pengelolaan Potensi Wisata Desa), Thesis S2,Universitas Gadjah Mada.
Widjaja, HAW 2004, Otonomi Desa : Merupakan Otonomi yang Asli, Bulat dan Utuh, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Widodo, J 2013, Analisis Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik Cetakan Sembilan, Bayumedia Publishing, Malang.
Published
2019-12-01
How to Cite
Rahayuningsih, Y., Budiarto, S., & Isminingsih, S. (2019). PERAN BUMDES DALAM PENGUATAN EKONOMI DESA SUKARATU KABUPATEN SERANG, BANTEN. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 3(2), 80-87. https://doi.org/https://doi.org/10.37950/jkpd.v3i2.63
Section
Articles